Minggu, 10 Maret 2013

Perbedaan RAM DDR, DDR2, dan DDR3

hi sobat pambudie blog, malam ini saya mau sharing artikel tentang komputer lagi neh hhe. kali ini adalah sharing tentang perbedaan RAM DDR DDR1 dan DDR3, karena mungkin masih banyak yang belum tahu saya akan coba share di blog saya ini ^_^.RAM sendiri juga ada berbagai macam jenis, dulu sebelum tahun 2002 masih banyak kita temui komputer yang menggunakan memory jenis Single Data Rate atau yang di sebut (SDR) SDRAM. seiring dengan kemajuan zaman dan kecepatan akses yang di harapkan kini penggunaannya mulai berganti dengan Double Data Rate (DDR), mulai dari DDR (DDR1), DDR2 dan DDR3. DDR secara teori mampu melakukan transfer rate 2X lebih cepat daripada SDRAM. begitu juga dengan DDR2 serta seterusnya DDR3.
Pada banyak kasus, malah kinerja yang menggunakan memori DDR lebih baik dari pada DDR2. Hal ini dimungkinkan karena latency dan timing memori DDR lebih baik dibandingkan dengan memori DDR2. Tetapi kembali lagi. Memori jenis DDR tidak ada yang diproduksi dengan kecepatan melebihi 600MHz, sedangkan DDR2 masih bisa dipatok pada kcepatan jauh di atas itu.
contoh asli RAM:
gambar RAM DDR
gambar RAM DDR
gambar RAM DDR2
gambar RAM DDR2
gambar RAM DDR3
gambar RAM DDR3

1.DDR
(Double Data Rate) RAM ini adalah generasi 1 yang memiliki frekuensi transfer antara 200 MHz sampai 400 MHz, DDR RAM ini juga memiliki beberapa jenis, diantaranya DDR-200 yang memiliki memory clock 100 MHz, DDR-266 yang memiliki memory clock 133 MHz, DDR-333 dengan memory clock 166 MHz, serta DDR-400 dengan memory clock 200 MHz, dengan voltase 2,5/2,6 V.

2. DDR2
DDR2 RAM yang memiliki nama standar DDR2-400, DDR2-533, DDR2-677, DDR2-800, dan DDR2-1066, dengan frekuensi transfer antara 400 MHz sampai 1966 MHz. yang memerlukan voltase 1,8 V.

3. DDR3
DDR3, Perbedaan DDR3 dengan DDR2 terletak pada frekuensi transfernya yang lebih tinggi yang mencapai 2133 MHz, sedang DDR2 maksimal hanya sampai 1066 MHz, dilihat dari segi memory clocknya tidak jauh berbeda dengan DDR2 yaitu dari 100 MHz sampai 266 MHz, dengan voltase yang hanya 1,5 V.
table perbedaan RAM DDR DDR2 dan DDR3
perbedaan secara table

 Perbedaan secara fisik saja
 Adapun perbedaan pada fisik antara memori jenis DDR dengan jenis DDR2 dan DDR 3, yang pertama adalah pada jenis chip memori yang digunakan. Pada memori jenis DDR 1, chip memori (IC)yang digunakan pada board modul memori adalah adalah jenis TSOP (Thin Small-Outline Packege). Bentuknya adalah empat persegi panjang dengan kaki-kaki di sisi kiri dan kanannya. Jarang sekali modul memori DDR 1 yang menggunakan chip memori jenis BGA.
Naca Juga:
-Maksimum Upgrade RAM Pada Windows
-Sejarah Laptop
Pada memori jenis DDR2, jenis chip memori yang digunakan adalah tipe BGA (Ball Grid Away). Bentuknya ada yang empat persei panjang, adapula yang berbentuk bujur sangkar. Tetapi, tidak seperti chip memori jenis TSOP, kaki-kaki pada memori jenis BGA tidak terlihat mata karena terletak dibawah chip dan langsung dan langsung ditancapkan ke board modul memori.dan untuk DDR 3 ini memiliki kesamaan dengan memori jenis DDR 2 yaitu dengan BGA (Ball Grid Away).

Perbedaan secara fisik lainnya yang dapat dilihat secara kasat mata adalah pada notch yang tersedia di board memori di bagian golden finger alias konektor slot memori di motherboard. Pada jenis memori DDR, notch ini terletak sedikit ke arah sisi kanan untuk DDR 2, notchnya terletak sedikit lebih ke tengah board modul memori dan pada jenis DDR 3 yang terbaru saat ini notchnya terletak sedikit kearah kiri berlawanan dengan letak notch DDR pertama.

Perbedaan secara fisik terakhir yang dapat dilihat dengan mudah adalah jumlah pin yang digunakan. Memori DDR memiliki pin sebanyak 184 buah (92-pin di setiap sisinya), sedangkan memori jenis DDR2 dan DDR 3 memiliki pin yang lebih kecil dan padat Jumlahnya 240 buah (120-pin di setiap sisi).
 Keunggulan DDR3
keuntungan Utama DDR3 adalah kemampuan untuk mentransfer I / O data di delapan kali data tingkat memori berisi sel, sehingga memungkinkan bus lebih tinggi dan harga lebih tinggi pula dari harga sebelumnya puncak teknologi memori. Selain itu, standar DDR3 memungkinkan chip kapasitas 512 megabits hingga 8 gigabits, efektif memungkinkan maksimum ukuran modul memori 16 gigabyte.keuntungan lainnya Memori DDR3 memberikan pengurangan konsumsi daya lebih dari 30% dibandingkan DDR2 dan DDR 1 modul,karena DDR 3 kurang dari 1,5 V pasokan tegangan, dibandingkan dengan DDR2 dan DDR 1 dari 1,8 V atau 2,5 V. Pasokan tegangan bekerja dengan baik dengan 90 nanometer pembuatan teknologi yang digunakan dalam DDR3 .

SEDIKIT CATATAN:

Pada Masing-masing jenis RAM di atas merupakan pengembangan dari generasi yang sebelumnya, sehingga pada versi terbaru umumnya mempunyai data rate yang lebih tinggi serta memerlukan daya yang lebih rendah. DDR2 secara teori mempunyai data rate 2x dengan spesifikasi yang sama dibanding DDR (DDR1). begitu juga DDR3 juga mempunyai keunggulan dibanding DDR2, latensi yang lebih unggul, performa yang lebih tinggi pada power/daya yg lebih kecil.

Perlu di ingat, pada masing-masing jenis RAM tersebut tidak saling kompatibel dan didesign dengan slot yang berbeda. jika anda pengguna komputer / PC mapun laptop jika sedang ingin mengupgrade Memory RAM anda ke yang lebih bagus ada baiknya anda memerhatikan masing-masing slot yang terdapat pada matherboard / mobo anda sehingga colokan RAM bisa kompatible dan bekerja dengan baik. demikian perbedaan antara DDR, DDR2, DDR3

Perbedaan secara teknis / kecepatan (clock speed)
Dari sisi kecepatan, memori jenis DDR2 yang terendah adalah yang memiliki clock speed 200MHz (DDR2 400 atau PC-3200), sedangkan memori jenis DDR memiliki clock speed 100MHz (DDR 200 atau PC-1600) dibawah setingkat dari DDR 2 dan untuk DDR 3 yang memiliki kemampuan high performance yaitu kecepatan yang dimiliki oleh DDR 3 ini memang cukup memukau. Ia mampu mentransfer data dengan clock efektif 800-1600 MHz. Pada clock 400-800 MHz, jauh lebih tinggi dibandingkan DDR2 yang memiliki clock speed hanya 200MHz. bahkan DDR3 sudah mencapai 2133MHZ dan akan terus berkembang kedepannya. wow!!
Perbedaan dari Kinerja
Dari sisi kinerja, dengan clock speed yang yang sama, sistem yang menggunakan jenis memori DDR biasanya memiliki kinerja yang relatif sama dengan sistem yang menggunakan memori DDR2. Pada banyak kasus, malah kinerja yang menggunakan memori DDR lebih baik dari pada DDR2. Hal ini dimungkinkan karena latency dan timing memori DDR lebih baik dibandingkan dengan memori DDR2. Tetapi kembali lagi. Memori jenis DDR tidak ada yang diproduksi dengan kecepatan melebihi 600MHz, sedangkan DDR2 masih bsa dipatok pada kcepatan jauh di atas itu.dan untuk DDR 3 sendiri kita tidak perlu membincangkan masalah kinerjanya,karena clock speed yang dimiliki sangat besar,jadi kita bisa membedakan sendiri untuk kinerjanya.

Dan untuk kemampuan dari DDR 3 yang terbaru saat ini,ia mampu mengakses data lebih cepat yakni 100 sampai 300 kali lebih cepat dibanding akses ke hardisk

Perbedaan dari Harga
perbedaan yang lain adalah perbandingan harga yang cukup mencolok antara DDR3 dan DDR2. Hal ini dikarenakan selain teknologi yang dimilikinya tergolong baru juga karena populasinya di pasaran masih sangat sedikit. Dan juga motherboard yang mendukung RAM jenis DDR3 masih sedikit di pasaran, praktis hanya pabrikan besar saja yang sudah mendukung RAM jenis ini. Sebagai perbandingan harga, untuk RAM DDR2 dual pack yang berisi dua keeping RAM berkapasitas masing-masing 1 GB berharga sekitar Rp150rb - 175rb sedangkan RAM DDR3 de ngan komposisi dual pack yang juga berisi dua keping RAM berkapasitas masing-masing 1 GB dijual dengan harga kisaran Rp 300-400rb .

Kedua jenis RAM tersebut berasal dari merk yang sama. Terlihat perbedaan harga yang cukup mencolok antara kedua jenis RAM tersebut, hampir tiga kali lipatnya. Saran saya bagi Anda yang ingin “buruburu” menikmati kecepatan dari RAM DDR3 untuk komputer desktop Yang paling utama adalah Anda harus menyiapkan uang lebih, karena Anda tidak bisa meng-upgrade RAM DDR2 Anda menggunakan motherboard lama dengan RAM DDR3. Karena meskipun memiliki jumlah pin yang sama, panjang yang sama namunnotch antara kedua RAM tersebut berbeda. Sehingga otomatis Anda juga harus meng- upgrade motherboard Anda yang tentunya mendukung RAM DDR3.

nb:oh iya denger denger tahun ini mau muncul RAM DDR4 yang katanya lebih canggih yuk dilihat saja perkembangannya. oh iya aku juga pernah baca pernah demgar DDR5 tapi dimana yaa?? oke kita lanjutkan di artikel selanjutnya aja dah :D
referensi:


Description: Pambudie blog|Blog Sharing|Tutorial|Internet Rating: 4.5

10 komentar:

  1. gan mau tanya ram pada laptop sama gak dengn yg di pc...

    Dan klo boleh harga na sekalian hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk RAM laptop dan PC itu berbeda :D jadi jangan salah beli yah hhe :D. kalau untuk harga itu sekitar 100 - 500 ribuan tergantung merk dan kapasitas ram yang dibeli :D

      Hapus
  2. terima kasih gan atas info diatas , sangat bermanfaat :)

    ane mau nanya nih ,
    gan , maksimal ram laptop itu brp GB yah ??

    BalasHapus
  3. makasih gan infonya, sangat membantu. :)

    BalasHapus
  4. Thx infonya gan, sangat membantu ...

    BalasHapus
  5. Gan,ram ddr3 bisa masuk di slot ram ddr2?😂 soalnya kan ram pc aku ddr2.bisa gak masuk ram ddr3 ke slot ram ddr2?😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. jelas gak bisa :D soalnya udah beda slot dan bentuknya. kalo dipaksa sekalipun tetep gk bisa dipasang,

      Hapus

silahkan menulis komentar tentang artikel ini. jika ada pertanyaan silahkan tulis di kotak komentar tapi jangan SPAM yah^_^. oh iya jika ada broken link silahkan diberi tahu lewat komentar terimakasih atas kunjungannya