Senin, 29 Oktober 2012

Sepuluh Perbedaan Utama antara Windows 7 dan windows 8|Tampilan Windows 8

windows 8 interface
Asalamualaikum wr. wb. hai sobat pambudie blog ketemu lagi neh sama saya di blog yang biasa ini hhe. sobat dah tau kan kalau microsoft mengeluarkan OS baru bernama Windows 8? hemm kalau belum tahu kebangetan banget hhe bagi yang belum tahu bisa ke link berikut >>Windows 8<<. hemm setelah beberapa waktu lalu microsoft meluncurkan versi customer preview Windows 8, nah belum lama ini microsoft telah meluncurkan versi release preview atau yang full version windows 8. terdengar kabar seh versi windows ini sulit untuk dibajak karena memiliki cara tersendiri untuk aktivasinya(katanya seh mendeteksi bios di setiap komputer yang terinstall windows 8). semoga saja memang sulit untuk dibajak agar lebih cinta produk original hhe :P. nah postingan kali ini mau memberitahukan perbedaan dari windows 7 dan windows 8 yang pambudie blog ambil dari web jasait.com. apa saja sih perbedaan windows 7 dan windows 8? berikut 10 perbedaan windows 7 dan windows 8:


belajar komputer


1. Tidak Ada Start Button – Metro UI

Bila Anda tidak menyukai Start Button pada Windows versi-versi yang sebelumnya, secara default pada Windows 8 Start Button telah dihilangkan dan digantikan dengan Metro UI (User Interface). Tapi tenang saja, bila Anda keberatan Microsoft mengatakan bahwa akan disediakan cara untuk mengembalikan desktop kembali seperti biasa seperti Windows versi sebelumnya walaupun tetap secara default, UI-nya tetap akan diset baru.
tampilan desktop windows 8

2. Task Manager yang Lebih Sederhana

Mungkin Anda sering melihat tabs yang ada dalam Task Manager, mungkin biasanya yang sering dilihat hanya Applications dan Processes. Di Windows 8, Task Manager hanya akan seperti ini:
windows 8 task manager

Hanya sebuah list aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan dan dapat dihentikan dengan sekali klik. Untuk melihat bagian processes cukup klik More details dan Anda akan dapat melihat seperti ini:
windows 8 task manager windows 8

3. Perubahan pada Move, Rename, Copy, dan Delete

Bila Anda melakukan copy file apapun, baik satu file maupun banyak file, semua info akan digabungkan menjadi satu kotak dialog. Jadi bila Anda melakukan 5 proses copy yang terpisah, Anda tidak akan melihat 5 kotak dialog seperti biasanya. Selain itu, Anda juga mendapatkan fitur pause. Lihat gambar berikut ini untuk lebih jelasnya.
move, rename, copy dan delete

Bila Anda klik More details, Anda akan dapat melihat kecepatan dan banyaknya data yang sedang di-copy.
move,rename,copy dan delete windows 8

4. Windows Explorer Baru

Windows Explorer yang sekarang pun akan menggunakan ribbon interface seperti yang mungkin sering Anda lihat pada Office 2007 dan 2010. Seperti inilah tampilannya:
explorer windows 8

5. Startup Cepat

Lamanya booting sering menjadi permasalahan dalam Windows. Di dalam Windows 8 ada sebuah mode startup yang cepat. Mungkin hal ini seperti melakukan restart pada komputer namun tanpa merestart sepenuhnya. Anda tetap akan melihat sesi baru di mana semua aplikasi telah tertutup seperti restart biasa tapi dengan menggunakan waktu yang jauh lebih sedikit.

6. Browsing Bebas Plugin

Internet Explorer (IE) 10 memiliki perubahan user interface yang cukup signifikan dan juga mengubah pola Anda melakukan browsing. IE 10 lebih menggunakan HTML 5 dibandingkan dengan plugin dan secara default akan berjalan tanpa plugin. Bila Anda membutuhkan sesuatu seperti Adobe Flash untuk membuka sebuah halaman, Anda dapat mengubahnya ke tampilan “desktop”.
internet explorer 10

7. Booting Lebih Baik

Pada Windows versi-versi sebelumnya bila Anda melakukan booting dengan opsi advanced tampilannya akan sangat membosankan, tampak sama seperti DOS command prompt. Tampilan booting sekarang sangat cantik. Anda akan melihat tampilan yang menarik dengan berbagai pilihan pengaturan.
advance option windows 8

8. Sign In dengan Windows Live ID

Pada Windows 8, Anda dapat melakukan sign in dengan Windows Live. Dengan integrasi SkyDrive, sekarang Anda dapat sign in dengan Windows Live dan mendapatkan file, pengaturan, aplikasi, dan lain-lain yang tersimpan. Anda dapat masuk ke Windows 8 pada mesin yang lain.

Fitur ini juga akan menyimpan semua favorites di IE, wallpaper desktop, dan lain-lain. Anda dapat membeli tempat penyimpanan ekstra dan menyimpan file-file Anda pada SkyDrive dan mengaksesnya secara online dengan menggunakan mobile device seperti iPad, Iphone, dan Android.

9. Refresh dan Reset

Ada dua fitur baru pada Windows 8 yaitu opsi refresh dan reset. Reset akan membuang semua data personal, aplikasi, dan pengaturan kemudian menginstall ulang Windows. Refresh akan menyimpan semua data, aplikasi, dan pengaturan, kemudian menginstall ulang Windows. Pada Windows versi sebelumnya, akan cukup sulit untuk menginstall ulang Windows tanpa menghapus semua personal data. Opsi ini pun dapat digunakan saat booting sehingga bila Anda mengalami masalah dalam booting, Anda tetap dapat menggunakan fitur ini.
advance option windows 8

10. Scaling untuk Ukuran Layar yang Berbeda-Beda

Windows 8 memungkinkan Anda untuk melakukan scaling atau pengubahan ukuran ke resolusi layar, ukuran layar, dan densitas pixel yang berbeda. Anda dapat menggunakan Windows 8 di berbagai tempat mulai dari Windows phone sampai kepada layar 30 inchi dengan resolusi 2560×1600. Sebagian besar aplikasi Windows 8 akan didesain untuk secara otomatis mengatur dirinya sendiri di berbagai ukuran layar dan menampilkan lebih banyak atau lebih sedikit konten berdasarkan ukuran.
nah sekian artikel kali ini tentang 10 perbedaan windows 7 dan windows 8 semoga artikelnya bermanfaat walaupun saya hanya mengambilnya dari website JasaIT.com. bila ada kurang dan lebihnya saya mohon maaf lain kali saya akan mencoba membuat artikel dengan apa yang saya alami hhe :D atas perhatiannya dalam tulisan ini saya ucapkan terimakasih. wassalamualaikum wr.wb

Description: Pambudie blog|Blog Sharing|Tutorial|Internet Rating: 4.5

4 komentar:

  1. Terimakasih gan penjelasan dalam artikelnya

    moga bertambah ilmunya dan manfaat

    BalasHapus
  2. tapi kalo massalah copynya kok yg aku tampilannya g gt yah padahal aku copy data sekaligus ke 2 file

    BalasHapus

silahkan menulis komentar tentang artikel ini. jika ada pertanyaan silahkan tulis di kotak komentar tapi jangan SPAM yah^_^. oh iya jika ada broken link silahkan diberi tahu lewat komentar terimakasih atas kunjungannya